PERBEDAAN BRANDING, SELLING DAN MARKETING – Simak penjelasan berikut ini supaya Anda semakin paham perbedaannya. Branding, selling dan marketing merupakan tiga hal yang saling berhubungan dalam dunia digital marketing. Karena ketiga hal tersebut saling berhubungan, banyak orang yang menganggap ketiga elemen ini memiliki arti yang sama. Namun, pada kenyataannya antara branding, selling dan marketing memiliki arti yang berbeda.

Ketiganya memiliki peran yang sama pentingnya untuk kesuksesan sebuah bisnis. Perbedaan dari ketiga elemen bisnis ini dapat dilihat dari 4hal yaitu tujuan, manfaat, goalss dan asset.

 

 

Nah, supaya Anda semakin paham mengenai perbedaan branding, selling dan marketing simak penjelasan dibawah ini sampai selesai!!

 

1. Perbedaan Dari Segi Tujuan

 

Branding : Aktivitas branding dalam bisnis memiliki tujuan untuk membangun brand awareness yang kuat, mempertahankan kepopuleran brand serta memberikan jati diri konsumen terhadap brand bisnis Anda.

 

Selling : Tujuan utama dari aktifitas bisnis yang satu ini yaitu untuk meningkatkan jumlah penjualan produk serta omset bisnis. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut para pemilik bisnis harus membuat konten untuk mengajak audiens supaya mau membeli produk atau menggunakan layanannya.

 

Marketing : Salah satu aktivitas bisnis ini pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan para pengusaha. Nah, tujuan dari aktivitas ini yaitu untuk meningkatkan pangsa pasar atau market share sebuah bisnis.

 

 

2. Perbedaan Dari Segi Manfaat

 

Branding : Manfaat dari aktivitas branding dalam bisnis memang tidak bisa dilihat secara fisik, akan tetapi bisa dirasakan dampaknya. Dengan pelaksanaan branding yang maksimal serta didukung dengan ikatan emosional dan persepsi baik, maka akan memberikan kesan baik kepada para konsumen. Sehingga hal tersebut membuat para konsumen setia menggunakan produk atau layanan jasa Anda.

 

Selling : Selanjutnya ada manfaat dari aktivitas selling untuk bisnis. Selling memiliki manfaat yang sangat besar dalam hal penjualan produk atau jasa. Dengan adanya selling, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti bisa berinteraksi langsung dengan konsumen, meningkatkan konversi penjualan serta memperluas jangkauan pasar. Selain hal tersebut, selling juga bisa mendatangkan profit bagi perusahaan.

 

Marketing : Kemudian ada manfaat dari aktifitas marketing. Aktivitas marketing dalam bisnis juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan. Contoh beberapa manfaat dari marketing yaitu untuk menargetkan target pasar secara spesifik, meningkatkan kepercayaan para konsumen terhadap produk atau layanan, membangun hubungan baik dengan konsumen serta meningkatkan jumlah transaksi penjualan.

 

 

3. Perbedaan Dari Segi Goalsss

 

Branding : Goals dari kegiatan atau aktivitas branding sebuah bisnis yaitu membuat konsumen yang sudah pernah membeli produk atau menggunakan layanan jasa dari brand tersebut mau membeli atau menggunkannya kembali. Pada dasarnya apabila seorang konsumen sudah percaya pada sebuah brand, maka konsumen tersebut tidak akan mudah beralih ke brand lainnya. Selain itu, branding juga memiliki goals sebuah brand bisa dikenal dan melekat bagi para konsumen.

 

Selling : Selanjunya ada goals dari aktivitas selling. Aktivitas yang satu ini memiliki goals konsumen akan tergerak untuk melakukan action atau tindakan. Selain itu, selling juga memiliki goals utama yaitu para konsumen yang sudah melakukan action tersebut bisa membeli produk atau menggunakan layanan jasa. Untuk bisa meyakinkan para konsumen supaya melakukan action, sebuah brand harus bisa menjelaskan kelebihan yang ditawarkan ketika proses selling.

 

 

Marketing : Selain selling dan branding yang memiliki goals, marketing juga memiliki goalsnya sendiri. Goals yang ingin dicapai para pengusaha dari aktivitas marketing yaitu permintaan atau demand. Sehingga aktivitas yang dilakukan dalam proses marketing adalah usaha untuk memahami kebutuhan konsumen terhadap produk atau layanan jasa yang ditawarkan.

 

 

4. Perbedaan Dari Segi Asset

 

Branding : Dengan adanya aktivitas branding akan menghasikan aset yang tidak berbentuk fisik namun sangat berharga. Aset tersebut adalah kepercayaan konsumen, citra baik brand serta pelanggan yang setia.

 

Selling : Aktivitas selling akan menghasilkan aset yang bisa dilihat secara fisik dan juga memiliki nilai yang tidak kalah berharganya dengan aset branding. Aset yang dihasilkan dari selling bisa berupa bukti transaksi atau leads dari konsumen.

 

Marketing : Berikutnya ada aset dari aktivitas marketing. Sama seperti aset aktivitas selling, aset yang dihasilkan dari kegiatan marketing juga bisa dilihat secara fisik. Namun, aset yang dihasilkan dari kedua aktivitas tersebut tentu saja berbeda. Contoh aset yang dihasilkan dari aktivitas marketing yaitu berupa database pembeli potensial.

 

Itulah penjelasan mengenai perbedaan branding, selling dan marketing dari 4 hal. Nah dari penjelasan diatas pastinya Anda sudah semakin paham mengenai perbedaan dari dari ketiga istilah dalam dunia bisnis tersebut. Jadi, jangan sampai salah lagi dalam memaknainya karena ketiganya merupakan hal yang berbeda.

Bagi Anda yang sedang mencari jasa untuk mengelola bisnis dengan metode digital marketing, Anda bisa menggunakan jasa dari Kombas Digital Agency. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa menghubungi kontak dibawah ini atau mengunjungi akun Instagram kami.

Telp/WA : https://wa.me/628112829003

Instagram : https://www.instagram.com/digitalagency.purwokerto?igshid=YTQwZjQ0NmI0OA==