Sertifikasi Advance Office adalah sertifikasi yang banyak diminati oleh para pekerja kantoran yang ingin menaikkan gaji mereka serta berusaha untuk mendapatkan promosi jabatan. Nah apa itu Sertifikasi Advance Office dan bagaimana cara mendapatkannya?
Apa itu Sertifikasi Advance Office?
Sertifikat Advance Office adalah sertifikat yang diberikan kepada orang orang yang dianggap sudah memenuhi standar kompetensi dalam penggunaan aplikasi perkantoran atau Office. Nah sertifikasi ini juga biasa disebut dengan Practical Office Advance.
Lebih detailnya lagi, aplikasi ini terdiri dari berbagai jenis aplikasi dengan beragam fungsi. Nah aplikasi aplikasi tersebut adalah MS Word, MS Outlook, MS Excel, MS Powerpoint, dan lainnya.
Kemampuan menggunakan aplikasi aplikasi ini juga mencakup melakukan otomatisasi tugas, melakukan berbagai kalkulasi/perhitungan dengan rumus, membuat presentasi yang menarik, dan menginput berbagai data.
Apa Saja Contoh Aplikasi Office?
Selanjutnya kita akan membahas berbagai aplikasi office dan apa saja yang harus dilakukan dalam pengujian aplikasi tersebut.
Microsoft Word
Pertama-tama ada Microsoft Word yang merupakan sebuah aplikasi dengan fungsi pengolah kata. MS Word sering digunakan untuk berbagai keperluan dokumen atau yang didominasi oleh teks. Contohnya seperti membuat dokumen, surat resmi, proposal, laporan perusahaan/organisasi, dan lainnya.
Nah seseorang yang sudah di level advance dalam menggunakan Microsoft Word diharapkan bisa menggunakan berbagai fitur lanjutan. Seperti Styles & Formatting supaya dokumen yang dibuat lebih rapi dan profesional.
Kemudian juga memanfaatkan fitur Mail Merge untuk mengirimkan email massal secara otomatis. Tidak lupa juga dengan kemampuan menambahkan Index dan Referensi otomatis yang sangat penting untuk skripsi atau laporan resmi.
Jadi dengan menguasai Ms Word, seseorang bukan hanya menjadikannya tempat mengetik tapi juga sebagai alat untuk membuat dokumen yang profesional.
Microsoft Excel
Lanjut ke Microsoft Excel, yang merupakan salah satu aplikasi pengolah angka dan data yang sangat lengkap. Fungsi dari Microsoft Excel sendiri lebih berfokus pada membuat laporan yang didominasi angka dan perhitungan. Misalnya seperti laporan keuangan dan analisis bisnis perusahaan.
Di level advance, user dari Microsoft Excel diharapkan untuk bisa menggunakan berbagai rumus kompleks seperti VLOOKUP, INDEX-MATCH, dan IF bersarang. Tidak ketinggalan juga fitur fitur lainnya yang harus bisa digunakan seperti Pivot Table dan Pivot Chart untuk analisis data yang lebih cepat.
Kemampuan membuat data menjadi teratur juga sangat penting, hal ini dilakukan dengan fitur Data Validation & Conditional Formatting. Kemudian fitur lainnya seperti Macro & VBA (Visual Basic for Applications) untuk otomatisasi pekerjaan berulang.
Microsoft Powerpoint
Berbeda dengan Word dan Excel yang difokuskan untuk mengolah kata dan angka, Microsoft Powerpoint lebih difokuskan untuk mempresentasikan suatu hal. Nah pada level advance sudah seharusnya seseorang bisa lebih dari sekedar menata teks dan gambar.
Di Ms Powerpoint ada banyak fitur fitur yang harus dikuasai oleh seseorang yang telah berada di level advance, seperti bisa menggunakan Slide Master untuk mengatur desain yang seragam. Kemudian juga membuat presentasi yang dinamis dengan menambahkan Hyperlink dan Elemen Interaktif.
Penggunaan Transisi dan Animasi tingkat lanjut juga penting agar presentasi terlihat lebih hidup. Nah jadi dengan level advance seseorang diharapkan dapat membuat presentasi yang menarik baik secara visual maupun materi yang disertakan.
Microsoft Outlook
Microsoft Outlook sendiri lebih berfokus pada hal hal yang berkaitan dengan email, tetapi sebenarnya lebih lengkap dari email. Nah itu karena di Microsoft Outlook ada fitur untuk mengatur jadwal dan berbagai keperluan komunikasi profesional.
Nah jika seseorang sudah di level advance ia harus bisa menggunakan fitur fitur seperti Auto-replies untuk membuat email tetap responsif. Selain itu pengelolaan Task & Contact Management agar pekerjaan tetap teorganisir. Penjadwalan meeting dan berbagai event/acara yang penting juga perlu diperhatikan.
Itu tadi empat contoh dari aplikasi aplikasi yang termasuk ke dalam jenis aplikasi Office.
Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi Advance Office?
Sama seperti sebagian besar sertifikasi lainnya, Sertifikasi Advance Office juga didapatkan dengan mengikuti pelatihan dan ujian. Nah ujian ini dilaksanakan oleh lembaga resmi baik dari Microsoft langsung atau LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang memiliki izin resmi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).
Kenapa izin resmi dari BNSP itu penting? Ini karena BNSP menjadi pihak yang akan melakukan pengecekan dari segi materi hingga penguji suatu LSP. Mereka melakukan ini untuk memastikan bahwa LSP tersebut memiliki materi yang berkualitas untuk diujikan dan begitu juga dengan penguji mereka.
Manfaat Sertifikasi Advance Office
Sertifikasi Advance Office memiliki berbagai manfaat terutama bagi mereka yang kerja di bidang perkantoran. Ini karena sertifikat advance office bisa menjadi ketentuan kenaikan gaji atau setidaknya menjadi bukti bahwa seseorang telah siap dengan kemampuannya untuk menambah tanggung jawab.
Berapa Biaya Sertifikasi Advance Office?
Biaya sertifikasi ini bisa bervarias tergantung pada LSP yang dipilih serta kebijakan dan kualitas materi dan penguji mereka. Nah sebagai gambaran, kisaran harganya ada di angka Rp1.750.000 hingga Rp9.000.000.
Perlu diingat juga pengambilan sertifikasi berbasis paket bisa memiliki harga yang berbeda.
Nah jika kamu tertarik untuk mengikuti Sertifikasi Advance Office dan membutuhkan solusi yang cepat dan hemat namun tetap berkualitas, kamu bisa berkonsultasi dengan PT Kombas Digital Internasional yang telah memiliki izin resmi dari BNSP.
Kamu bisa langsung saja untuk menghubungi nomor di bawah ini:
Recent Comments