2024 BISNIS KULINER SEMAKIN BERCUAN – Bagi seorang pengusaha kuliner pastinya memiliki banyak sekali kendala dalam menjalankan usahanya. Contoh kendalanya yaitu pada tahun 2023 banyak sekali harga bahan baku yang mengalami kenaikan sedangkan daya beli konsumen mengalami penurunan. Saat ini konsumen lebih banyak mendapatkan informasi melalui internet atau sosial media. Karena informasi yang mereka dapat menjadi lebih luas maka mereka akan lebih selektif dan banyak pertimbangan ketika akan membeli produk. Oleh karena itu para pengusaha apalagi pengusaha kuliner kini harus memutar otak untuk menentukan strategi pasar yang baru. Strategi pasar yang baru ini sangat penting karena dapat menbantu para pengusaha supaya bisnis dan cuannya tetap lancar.

 

Simak penjelasan dibawah ini supaya Anda semakin tau apa saja tips 2024 bisnis kuliner semakin bercuan!

 

1. Buat Menu Dengan Budget Friendly

Untuk Anda para pengusaha kuliner yang masih merintis, Anda bisa menerapkan strategi pemasaran ini untuk menjadi langkah awal. Anda dapat menerapkan strategi ini dengan cara mengeluarkan produk yang memiliki ukuran lebih kecil dari rencana awal dan memberikan harga yang lebih terjangkau. Apabila sudah banyak customer yang mengenal produk Anda maka secara perlahan Anda dapat meningkatkan ukuran dan harganya menjadi sesuai dengan rencana awal. Strategi pemasaran dengan membuat menu yang budget friendly juga dapat Anda gunakan ketika penjualan produk sedang mengalami penurunan. Ketika Anda mengalami penurunan penjualan, maka Anda bisa menerapkan strategi pemasaran ini dengan membuat produk yang lebih kecil dan dan memasarkannya dengan harga yang lebih murah.

 

2. Buat Menu Unik

Strategi pemasaran yang kedua yaitu buat menu unik pada bisnis Anda. Dengan strategi pemasaran yang satu ini, Anda dapat menarik minat konsumen untuk mengunjungi bisnis Anda. Sebelum menerapkan strategi bisis dengan menu yang unik, Anda juga harus menentukan target pasar yang spesifik contohnya kaum milenial. Seiring berkembangnya zaman konsumen pada bidang bisnis kuliner umumnya didominasi oleh kaum milenial atau anak muda. Kecenderungan dari kaum milenial ini sendiri yaitu lebih tertarik dengan menu-menu baru yang terbilang unik. Para anak muda saat ini sangat menyukai fotografi dan videgrafi untuk diposting di akun sosial media mereka. Dengan adanya menu yang unik dapat membuat mereka merasa lebih tertarik untuk memfoto dan memvideo produk tersebut. Sebenarnya tidak hanya menu yang unik, tempat yang unik juga menjadi salah satu faktor pendukung pada usaha kuliner.

 

3. Sediakan Produk Custom

Selanjutnya strategi pasar yang ketiga yaitu Anda dapat menyediakan produk custom. Selain menyediakan menu yang unik, Anda juga dapat menyediakan produk custom untuk menyesuaikan dengan selera konsumen. Ketika tersedia produk atau menu yang dapat di custom, konsumen akan merasa lebih leluasa untuk menyesuaikan selera yang mereka miliki. Contoh dari strategi pemasaran yang satu ini yaitu Anda dapat menyediakan berbagai toping untuk makanan atau minuman yang bisa dipilih oleh konsumen dengan bebas. Sebagai contoh lainnya yaitu ketika Anda menyediakan makanan dengan citarasa pedas, Anda dapat menyediakan pilihan level kepedasan dari level 1-10.

 

4. Buat Produk Limited

Strategi pemasaran yang ke empat yaitu buat produk yang limited atau terbatas. Dengan adanya produk limited ini akan membuat para konsumen penasaran karena sering kali ketika Anda menyediakan sebuah produk yang terbatas maka produk tersebut akan menjadi viral dan lebih terkenal. Strategi ini biasanya digunakan para pebisnis untuk meningkatkan penjualan karena hal ini dapat mendorong minat konsumen untuk membeli sebelum produk tersebut habis. Produk limited atau terbatas ini juga dapat digunakan saat hari-hari tertentu atau hari besar untuk target konsumen menengah atas. Contoh produk limited ini yaitu rendang sapi wagyu khusus hari raya idul fitri.

 

5. Sediakan Katalog Digital

Strategi pemasaran yang selanjutnya yaitu katalog digital. Ketika Anda menyediakan katalog digital para konsumen akan merasa lebih nyaman untuk memilih menu dan melakukan pemesanan. Katalog digitaln juga dianggap lebih memudahkan karena dapat di akses dimana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan katalog digital, Anda juga akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan konsumen. Katalog digital bisa juga digunakan untuk salah satu media promosi.

 

6. Promosi Secara Rutin

Lalu strategi pemasaran yang terakhir yaitu dengan promosi secara rutin. Strategi ini merupakan strategi pemasaran yang sangat berpengaruh dan penting dalam dunia bisnis. Dengan melakukan promosi rutin setiap hari maka Anda akan memiliki lebih banyak peluang supaya konsumen mengenal produk Anda. Di era yang serba digital seperti sekarang sudah banyak sekali media yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi. Beberapa platform digital yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi yaitu blog dan sosial media. Saat ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain handphone sehingga hal ini menciptakan peluang yang besar untuk Anda melakukan promosi.

 

Nah setelah menyimak penjelasan mengenai beberapa strategi supaya 2024 bisnis kuliner semakin bercuan tentunya Anda sudah dapat menentukan strategi mana yang cocok dengan bisnis Anda. Apabila Anda ingin mulai mempromosikan bisnis dengan sosial media dan membutuhkan jasa untuk pengelolaan maka Anda bisa menggunakan jasa dari Kombas Digital Agency.

Telp/WA : https://wa.me/628112829003

Instagram : https://www.instagram.com/digitalagency.purwokerto?igshid=YTQwZjQ0NmI0OA==