Apa Ciri-Ciri Brosur? – Sebagian besar orang pastinya sudah mengetahui tentang media yang satu ini. Bagaimana tidak? Media ini sangat sering ditemukan di tempat-tempat umum yang memiliki frekuensi ramai pengunjung atau bisa juga ditempelkan di papan informasi di area keramaian.
Media tersebut biasa disebut brosur, sebuah selebaran yang dibagikan secara cuma-cuma kepada khalayak ramai. Cara mendapatkannya pun mudah, seseorang yang hanya duduk manis saja bisa mendapat informasi dari media ini karena ada sekelompok orang yang membagikannya langsung kepada orang-orang tersebut.
Inilah yang dinamakan sebuah strategi promosi, dilakukan dengan tujuan agar semakin banyak khalayak yang mengenal sebuah produk atau jasa dari perusahaan tertentu. Sehingga masyarakat akan lebih banyak mengetahui tentang informasi dari perusahaan tersebut, seperti nama, alamat, produk atau jasa, dan lain sebagainya.
Adanya pembagian brosur yang sering terjadi di tempat umum yang ramai pengunjung, memberikan dampak positif bagi suatu kegiatan promosi. Sebuah brosur bisa digunakan untuk menawarkan barang atau jasa dengan memberikan informasi dan berbagai hal yang menarik dari barang atau jasa tersebut.
Ingin mengetahui lebih lanjut tentang brosur? Pada artikel ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai brosur secara lebih dalam. Mari simak penjelasan berikut.
Pengertian Brosur
Brosur adalah sebuah media berbahan dasar kertas yang memberikan informasi singkat tentang apa yang sedang di promosikan. Media ini memiliki satu dan beberapa halaman, bentuknya selebaran namun ada juga yang dilipat.
Jenis-jenis lipatannya pun bermacam-macam, ada yang memiliki dua lipatan, tiga lipatan, empat lipatan, lipatan gate fold, lipatan Z dan lain sebagainya. Tetapi pada dasarnya media ini digunakan untuk tujuan yang sama, yaitu mengenalkan tentang apa yang sedang dipromosikan kepada masyarakat luas.
Media ini sering ditemukan di tempat umum atau sebuah usaha. Jika di tempat umum biasanya brsour dibagikan oleh sekelompok orang yang berasal dari suatu organisasi atau perusahaan yang sama, apabila diletakkan di sebuah usaha maka bisa saja brosur tersebut digunakan sebagai layanan untuk pengunjung yang datang.
Selain berisi informasi tentang sebuah produk atau jasa, brosur juga berisi ilustrasi yang dibuat untuk menarik perhatian pelanggan. Atau seringkali sebuah brosur juga memuat gambar dari produk atau jasa yang dipromosikan tersebut.
Ciri-Ciri Brosur
Banyaknya media promosi tidak membuat sebuah brosur turun tahta sebagai salah satu media pendukung kegiatan promosi. Justru saat ini brosur menjadi alat promosi yang banyak digunakan karena dianggap efektif dan efisien.
Bahkan penyebaran brosur sudah bercabang ke platform sosial media, lho. Namun bedanya brosur jenis ini tentunya tidak memiliki bentuk fisik melainkan berupa konten digital yang terbuat dari kumpulan desain grafis.
Berikut ciri-ciri sebuah brosur yang membedakan media ini dengan media promosi yang lain yaitu :
- Memuat informasi yang singkat, padat namun jelas
- Bersifat memengaruhi orang lain untuk mencoba produk atau iasa yang ditawarkan
- Penerbitannya hanya satu kali namun dapat dicetak ulang dengan perubahan atau tanpa perubahan
- Bersifat menarik perhatian pelanggan
- Memiliki desain yang menarik
- Menginformasikan sesuatu kepada masyarakat luas
- Mengedukasi dan menginformasikan tentang suatu hal
Fungsi Brosur
Fungsi utama dari sebuah brosur adalah untuk memberikan informasi tentang apa yang sedang di promosikan. Harapannya dengan informasi yang ditampilkan tersebut khalayak ramai bisa mengenal lebih jauh tentang suatu produk atau jasa.
Selain itu, adanya brosur juga berfungsi sebagai alat untuk menarik perhatian khalayak ramai terhadap produk atau jasa yang dipromosikan. Hal ini dikarenakan sebuah banner yang unik akan mengundang perhatian khalayak ramai untuk melihat dan membaca informasi yang disampaikan.
Kemudian adanya brosur juga memudahkan suatu usaha untuk melakukan kegiatan promosi. Sebab sifatnya yang mudah dibawa kemana saja, membuat brosur semakin mudah untuk disebarkan kapan pun dan dimana pun kepada khalayak ramai.
Walaupun sering digunakan sebagai media untuk promosi, sejauh brosur juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat luas. Misalnya seperti brosur yang memuat iklan kesehatan seperti brosur tentang cara membuang sampah yang benar, himbauan menjaga jarak, brosur imunisasi pada bayi, dan lain sebagainya.
Jasa Desain Brosur Banjarnegara
Jadi bagaimana? Berminat untuk membuat desain brosur yang menarik untuk kebutuhan promosi? Ingin membuat desain sendiri di Canva tapi takut hasilnya tidak sesuai ekspektasi? Tenang saja, kami adalah solusinya.
Kami hadir menyediakan Jasa Desain Brosur bagi Anda yang berdomisili di Banjarnegara dan sekitarnya. Eitsss tapi jangan khawatir, kami juga bisa melayani orderan desain brosur dari seluruh Indonesia, lho!
Kami menawarkan desain brosur yang unik dengan kualitas terbaik dan unggul. Anda juga bisa request desain brosur sesuai dengan keinginan Anda, dengan sepenuh hati kami akan mewujudkan keinginan Anda dan memberikan hasil yang terbaik.
Informasi lengkap tentang jasa dari kami bisa dilihat melalui situs web resmi kami di kombas.co.id.
Bagi Anda yang berminat dengan jasa voice over, silahkan langsung hubungi kami melalui nomor WhatsApp 08112829003.
Recent Comments