Apa Itu Carousel?? – Carousel merupakan salah satu jenis konten di sosial media yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan engagement.. Sosial media saat ini sangat ideal untuk membangun dan meningkatkan engagement, apalagi dengan menggunakan carousel. Carousel bisa membuat sebuah postingan menjadi lebih interaktif. Salah satu fitur sosial media yang satu ini cukup menarik perhatian para pengguna platform sosial media. Apalagi pengguna sosial media Instagram, Facebook dan Linkedln. Saat ini penggunaan carousel tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja, namun juga untuk kepentingan bisnis.

Keberadaan carousel ini sangat membantu bagi para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi, bagi Anda para pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnis Anda dengan sosial media dapat memanfaatkan keberadaan carousel ini.

 

 

Sebelum Anda menggunakan carousel sebagai salah satu media promosi bisnis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu carousel!!

 

 

Pengertian Carousel

Hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai carousel yaitu pengertian dari carousel itu sendiri. Carousel merupakan salah satu jenis konten di sosial media. Carousel juga dapat diartikan sebagai format konten sosial media yang menampilkan gambar atau video dalam satu postingan. Konten ini memiliki perbedaan dengan konten statis yang biasanya Anda lihat. Carousel memiliki sifat yang lebih interaktif daripada konten statis lainnya.

 

Hal ini yang menyebabkan konten carousel menjadi salah satu konten yang banyak diminati untuk melakukan promosi bisnis. Format konten carousel memungkinkan para audiens untuk melihat foto atau video satu persatu dengan cara scroll ke kiri atau ke kanan. Sehingga, peran carousel bisa dibilang cukup signifikan untuk meningkatkan efektivitas digital marketing.

 

Format carousel ini sudah tersedia di beberapa aplikasi sosial media seperti Facebook dan Instagram. Anda bisa memaksimalkan digital marketing bisnis Anda dengan menggunakan sosial media utamanya dengan format carousel sebagai sebuah senjata untuk mendapatkan konsumen.

 

 

Jenis – Jenis Carousel

Lalu hal selanjutnya yang harus Anda ketahui tentang carousel yaitu jenis-jenis konten carousel. Konten carousel memiliki dua jenis, yaitu carousel post (postingan) serta carousel ads (iklan). Jenis carousel yang pertama yaitu carousel post. Carousel post yaitu sebuah konten yang dipasang di sosial media sebagai postingan. Saat ini, sudah ada beberapa sosial media yang menyediakan postingan carousel seperti Linkedln dan Instagram.

Selanjutnya, jenis carousel yang kedua yaitu carousel ads. Carousel ads yaitu sebuah iklan sosial media yang memiliki format carousel. Bagi Anda yang ingin menggunakan dan memanfaatkan carousel ads, Anda harus mengakses fitur ini terlebih dahulu pada platform sosial media yang digunakan.

 

 

 

Manfaat Carousel

Dengan menggunakan konten carousel, Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Berikut merupakan manfaat dari penggunaan carousel untuk bisnis :

1. Menyatukan Banyak Konten Menjadi Satu Postingan

Dengan menggunakan fitur carousel, Anda bisa menyatukan banyak konten menjadi satu postingan. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda hanya bisa mengunggah maksimal 10 slide dalam 1 postingan. Jika Anda menggunakan fitur carousel untuk bisnis, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengunggah koleksi produk Anda, ulasan pelanggan atau hal menarik lainnya.

 

2. Menaikkan Engagement Sosial Media

Dibandingkan dengan postingan tunggal, konten carousel memiliki engagement yang lebih besar yaitu sekitar 5,13%. Jadi, ketika Anda bisa memanfaatkan 10 slide konten dengan maksimal, Anda bisa mendapatkan engagement rate sebanyak 2% per caraousel.

 

 

3. Lebih Interaktif

Ketika para audiens melihat lebih banyak foto dan video, mereka akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai layanan atau produk dari bisnis Anda. Hal ini akan membantu mereka untuk melakukan interaksi lebih intens dengan cara menggeser setiap konten gambar di postingan tersebut.

 

 

4. Lebih Menarik Perhatian

Jika Anda menggunakan fitur carousel ads, Anda bisa membuat sebuah konten dengan gambar bergerak. Dengan menggunakan gambar bergerak, audiens akan lebih tertarik dengan postingan Anda. Ketika para audiens sudah mulai tertarik dengan postingan Anda, hal inilah yang akan membawa mereka untuk mulai melakukan tindakan.

 

 

 

Type Video Carousel

Untuk menggunakan fitur carousel sebagai media iklan, Anda harus menentukan type video carousel yang ingin Anda gunakan terlebih dahulu. Di bawah ini merupakan beberapa type video carousel yang bisa Anda pilih :

 

  • Video Peluncuran Produk

Jika ingin membangun minat dan menggoda audiens, Anda bisa menggunakan video peluncuran produk sebagai iklan carousel dengan foto yang menarik dan menyertakan video tampilan pertama. Ini adalah sesuatu yang industri hiburan tau bagaimana melakukannya dengan sangat baik, terutama iklan film yang akan diluncurkan.

 

  • Video Yang Menampilkan Fitur Produk

Meskipun orang lebih ingin melihat-lihat serta berbelanja online, faktanya mereka tidak bisa mencoba produk sebelum membeli sering kali menjadi penghenti keputusan. Melalui gambar dan video mendetail, Anda dapat membangun kepercayaan dan menawarkan bukti nyata yang mendukung hal-hal menakjubkan yang Anda klaim tentang produk Anda.

 

  • Video Brand Storytelling

Teknik lama yang masih terus menjadi salah satu alat paling efektif yang dimiliki digital marketing.

Kita manusia, adalah makhluk sosial dan emosional jadi, storytellig membantu kita untuk terikat melalui pengalaman bersama.

Fokus menyampaikan pesan dengan menarik emosi yang beresonansi dengan audiens Anda. Ini akan membantu Anda membangun koneksi yang lebih mendalam serta lebih intim dengan mereka.

 

 

  • Video Tutorial

Ada alasan mengapa sosial media dibanjiri dengan konten tutorial singkat, menarik, dan sangat mudah diikuti.

Baik itu untuk cara memasak hidangan lezat atau make up langkah demi langkah. Orang-orang akan puas dengan vidio ini! Jenis konten ini bisa berguna dan membantu audiens memecahkan masalah atau mendapatkan kebutuhan dan memberikan nilai secara langsung

 

 

  • Video Behind the Scene

Para audiens sangat menikmati melihat lihat dibalik layar dan mencari tahu bagaimana sesuatu dibuat. Dengan membagikan detail orang, tim, dan proses, Anda bisa memperkuat hubungan dengan audiens.

Kamu dapat menunjukkan foto atau vidio kepada audiens tentang perencanaan dan penyiapan acara, apa yang akan digunakan untuk membuat produk, atau sekilas seperti apa kantormu

 

Nah, setelah membaca artikel ini tentunya Anda sudah semakin paham mengenai apa itu carousel. Anda bisa menerapkan carousel pada bisnis Anda mulai sekarang. Anda juga bisa menggunakan jasa pengelolaan sosial media untuk mengelola bisnis dan melakukan iklan produk Anda secara rutin. Salah satu jasa yang bisa Anda gunakan yaitu jasa pengelolaan sosial media dari Kombas Digital Agency.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kombas Digital Agency, Anda bisa mengubungi kontak berikut!!

Telp/WA : https://wa.me/628112829003

Instagram : https://www.instagram.com/digitalagency.purwokerto?igshid=YTQwZjQ0NmI0OA==