Cara Membuat Perencanaan Konten – Dalam dunia konten video, pembuatan rencana konten merupakan salah satu langkah yang tidak boleh dilewatkan saat membuat sebuah konten.
Tanpa adanya perencanaan ini akan sulit bagi anda untuk membuat sebuah konten yang runtut dan juga sesuai dengan tujuan akhir, yaitu untuk mendapatkan para pelanggan baru.
Isi Pengertian Perencanaan
Plan content secara singkat berarti perencanaan untuk pengembangan konten yang dilakukan oleh pembuat konten agar tujuan akhir dapat tercapai.
Di mulai dari tekad ingin membuat sebuah konten yang seperti apa, pada platform mana, serta kapan konten tersebut diterbitkannya, semuanya akan dirumuskan dalam rencana ini.
Perencanaan ini dapat mencakup pengumpulan aset pemasaran aset serta data dari pasar sasaran.
Kenapa harus memikirkan data pasar sasaran, padahal yang ingin rancang itu sebuah konten?
Pada content marketing, saat anda ingin membuat berbagai konten, fokus utama dari konten tersebut adalah target pasar dan juga orang yang telah menjadi user anda.
Anda tidak akan mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar sasaran tanpa adanya data yang jelas, sehingga keterlibatan Anda tidak akan baik.
Content planning dilakukan untuk meningkatkan awareness dan juga agar menarik orang untuk melakukan konversi. Yang ujungnya tentu berguna untuk mendapatkan sebuah lead yang sangat dalam dunia marketing ini.
Manfaat Membuat Konten Perencanaan
Dengan Anda membuat rencana konten ini, Anda akan lebih mudah dalam membuat, berkolaborasi, serta dalam berbagi konten.
Rencanakan konten yang baik akan membantu Anda untuk membuat konten yang dapat meningkatkan penjualan serta mendorong traffic dari produk yang Anda miliki.
Plan content juga dapat membantu Anda dalam menangani strategi sebuah bisnis, seperti menyiapkan anggaran dan juga meminta sumber daya.
Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat sebuah plan content agar mendapatkan manfaat tersebut.
Mengapa Membuat Perencanaan Itu Penting
Meningkatkan Konsistensi
Konten yang acak dan tidak saling terkait dapat membingungkan audiens Anda saat melihat konten tersebut. Memposting konten dengan acak serta pada jadwal yang tidak konsisten nantinya akan dapat mengurangi tingkat konsistensi Anda.
Meningkatkan Target Audiens
Strategi dalam membuat sebuah konten dapat membantu Anda agar dapat membuat konten yang relevan sesuai dengan kebutuhan mereka dan juga dapat memahami audiens Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam mendistribusikan konten konten tersebut pada saluran yang tepat.
Meningkatkan Kualitas Branding
Kualitas dari sebuah konten yang akan Anda buat serta akan Anda bagikan akan bernilai bagi audiens dan juga agar dapat meningkatkan kredibilitas sebagai merek dan juga sebagai pemimpin pemikiran dalam industri tertentu.
Cara Membuat Konten Perencanaan
Tentukan Target Audiens
Yang pertama harus Anda lakukan saat membuat rencana konten yaitu dengan memahami siapa yang nantinya akan melihat konten milik Anda.
Untuk dapat lebih memahami pelanggan Anda, Anda dapat mengumpulkan sebanyak mungkin data tentang mereka
Pilih Platform Yang Akan Digunakan Untuk Publikasi Konten Yang Anda Buat
Setelah Anda mengetahui dan juga memahami siapa target audiens konten Anda, kini saatnya Anda memilih channel ataupun platform yang akan digunakan untuk dapat memublikasikan konten yang Anda buat.
Anda bisa melakukan sebuah riset dari informasi data pelanggan Anda mengenai platform mana yang paling sering mereka gunakan untuk membeli produk secara online.
Ketahui Solusi Yang Ditawarkan Produk Anda
Langkah ketiga saat membuat plan content yaitu dengan anda mengetahui solusi dari produk yang anda tawarkan.
Konten yang sukses tidak hanya berhasil menjangkau para audiens, tetapi juga dapat menginspirasi audiens untuk dapat mengambil sebuah tindakan, dengan menggambarkan bagaimana mereka akan mendapatkan manfaat dari produk maupun layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda.
Beritahu Perbedaan Dan Juga Kelebihan Bisnis Anda
Langkah keempat yaitu dengan kelebihan 9 dan juga perbedaan bisnis Anda dengan bisnis pesaing.
Hampir semua bisnis yang ada pastinya sudah membuat konten mengenai produk dan juga layanan dari produk mereka sendiri. Oleh karena itu, Anda hanya perlu membuat konten yang dapat menunjukkan perbedaan produk Anda dengan produk pesaing.
Tentukan Format Yang Akan Digunakan
Langkah kelima dengan membuat rencana konten yang dapat menentukan format yang akan digunakan untuk konten produk Anda.
Untuk dapat menentukan format sebuah konten yang tepat, Anda hanya perlu mempertimbangkan audiens, pesan, serta platform yang akan Anda gunakan.
Membuat Jadwal Dan Rincian Plan Konten
Langkah yang terakhir yaitu dengan membuat jadwal dan rincian dari content plan.
Anda perlu mencari tahu mengenai bagaimana konten anda dibuat serta siapa yang akan bertanggung jawab dalam membuat konten tersebut.
Merencanakan langkah langkah ini adalah hal yang penting dan perlu Anda lakukan, karena ini dapat membantu Anda untuk mengelola anggaran, beban kerja, serta alur kerja untuk seluruh tim Anda.
Dari artikel diatas pastinya kalian sudah paham mengenai cara membuat planning content.
PT Kombas Digital Internasional telah menyediakan jasa pengelolaan TikTok untuk Anda yang sudah ataupun belum memiliki akun TikTok yang ingin dikembangkan tetapi tidak sempat untuk mengelola TikTok tersebut.
Dengan tim yang sudah berpengalaman serta mampu mengelola akun Anda dengan baik dan menarik sehingga akan banyak klien yang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Keuntungan yang akan Anda dapatkan saat memakai jasa dari kami yaitu Anda akan memiliki desain cover yang rapi, memiliki konten video yang menarik, serta dapat mengoptimasi aplikasi tiktok.
Anda dapat memesan jasa kami dengan cara menghubungi kami ataupun web kami .
Recent Comments