Pelatihan Excel. Pelatihan ini bertujuan untuk membuat seseorang dapat memahami dan mengoperasikan software Excel secara profesional.
Apa Itu Pelatihan Excel ?
Pelatihan Excel adalah jenis pelatihan yang bertujuan untuk mengenalkan, memahami, dan bisa mengoperasikan excel, termasuk memahami konsep dasar dan fungsi fungsi penting nya.
Micrososft excel, adalah salah satu software yang tersedia dengan banyak tools untuk mengolah data, orang yang mengoperasikanya dapat mengolah data dalam jumlah yang tidak terbatas.
Di excel orang dapat membuat dan mencantumkan grafik dan tabel. dan banyak orang yang lebih memilih memakai excel dikarenakan berbagai macam kemudahanya dan berbagi macam tools yang berguna.
Tidak jarang perusahaan yang memberikan pelatihan Excel untuk calon karyawanya, dan juga banyak sekolah yang menerapkan dan mengadakan uji kompetensi khusus untuk Excel.
Masing masing akan diberikan ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikat. Sebab itulah sekarang banyak yang mengikuti pelatihan Excel karena akan memberikan banyak mafaat untuk pekerjaan atau urusan pribadi.
Manfaat yang dapat diperoleh dengan mengikuti Pelatihan Excel adalah sebagai berikut.
- Menambah kemampuan manajemen diri.
- Mampu mengolah data.
- Mengembangkan keterampilan.
- Mendapatkan sertifikat resmi.
- Mendapatkan arahan dari instruktur profesional yang terjamin.
- Investasi jangka panjang.
Dan masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dari mengikuti pelatihan tersebut.
Kursus Excel Berapa?
Kursus Excel dilakukan oleh orang orang yang ingin menjadi profesional dalam menggunakan Excel. Rata rata tarif untuk pelatihan ini adalah Rp 63.000 – Rp 64.000, tetapi semua itu tergantung tempat pelayanan. Berikut adalah contoh tarif.
- Kursus Excel di LPK kartika adalah dengan tarif Rp 350.000 untuk 12 pertemuan selama 2 jam.
- Kursus Excel di INTERNUSA adalah dengan tarif Rp 1.500.000 untuk basic excel.
- Kursus Excell di LPK Nida Course kudus dengan biaya sekitar Rp 500.000.
Biasanaya Kursus excel lebih sering secara online dari pada tatap muka, tapi biasanya juga ada yang bertemu secara langsung.
Level Excel Apa Saja ?
Jika mempekerjakan orang yang kurang bisa menggunakan Excel maka produktifitas akan berkurang.
Tugas yang tidak lengkap, kesalahan dalam laporan, dan perlambatan umum dalam efesiensi tim dapat terjadi akibat apabila mempekerjakan seseorang yang memiliki keahlian Excel yang kurang, demi menghindari itu maka dilakukan dengan pelatihan Excel.
Berikut adalah level dan kemahiran dalam menggunakan Excel ada 3 macam.
- Dasar. Pada level ini, seseorang dapat menangani berbagai tugas tugas dasar seperti entri data dan rumus rumus sederhana. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dengan kemampuan dasar Excel seperti Entri, Pemformatan data dasar, Penggunaan rumus dasar, Pembuatan bagan dasar, pemformatan sel dan fungsi dasar. Seseorang yang membutuhkan kemampuan level ini adalah karyawan pemula yang terutama menggunakan Excel untuk tugas pencatatan dasar dan manejemen data.
- Intermediat. Keahlian tingkat menengah mencakup tugas tugas yang lebih sulit dari pada level dasar. seseorang yang berada di level ini dapat menggunakan fungsi Excel yang cukup rumit. kemampuan yang digunakan pada level ini seperti penggunaa rumu tingkat lanjut, penyortiran, penyaringan data, pembuatan dan manipulasi tabel pivot, pemformatan bersyarat. Seseorang pada level ini bertanggung jawab untuk mengelola dan menganalisis kumpulan data.
- Canggih. Tingkatan ini adalah tingkatan yang paling tinggi dengan kemampuan untuk pembuatan dan pemecahan masalah rumus yang rumit, makro dan skrip VBA (Visual Basic for Applivcations), analisis dan pemodelan data tingkat lanjut, penggunaa power query dan power pivot. Tingkatan ini bisanya terlibay dalam analisis data yang rumit, pemodelan, dan otomatisasi.
Pelatihan Excel – Skill Excel Untuk Kerja Apa ?
Skill yang dibutuhkan untuk menggunakan Excel dalam pekerjaan adalah sebagai berikut.
- Formula Excel. Formula adalah kunci agar excel dapat berjalan dengan baik, Cell EXcel dapat diisi dengan berbagai data, mulai dari bilangan, mata uang, text, bahkan gambra atau hyperlink. Agar data dapat dikelola membutuhkan formula untuk mendapatkan insight dari data yang dimasukan.
- Penggunaan Fungsi Logika. Fungsi logika sangat penting untuk di analisis. Fungsi logika seperti. IF berguna untuk memungkinkan untuk membuat keputusan dalam spreadsheet berdasarkan kondisi tertentu. Sedangkan AND, OR berfungsi untuk digunakan dalam kombinasi dengan IF untuk mengevaluasi beberapa kondisi sekaligus.
- Penggunaan Pivot Table. Salah satu fitur paling kuat di Excel yang mengguanakan pengguna untuk menganalisis, meringkas, dan mempresentasikan data dengan cara yang dinamis. keuntungan menggunakan pivot table adalah Meringkas data, Membuat laporan Interaktif, analisis multi dimensi.
- Visualisasi Data dengan Grafik dan Chart. Visualisasi data merupakan keterapilan yang membantu data dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. contohnya yaitu Grafik batang, grafik garis, grafik pie.
- Fungsi Statistik dan Data Analysis Toolpak. Untuk pekerjaan yang melibatkan analisis yang dalam, dibutuhkan kemampuan untuk menggunakan fungsi statistik dan data analysis Toolpak sangat diperlukan. seperti Fungsi statistik (STDEV, VAR, CORREL), Regression Analysis.
Seperti itu skill yang dibutuhkan untuk menggunakan Excel dalam pekerjaan. Jika ingin mengetahui lebih detail menganai Pelatihan Excel silahkan hubungi nomor dibawah.
Recent Comments