Pelatihan Technical Support

Pelatihan Technical Support. Merupakan jenis program untuk meningkatkan kemampuan dan melatih tenaga ahli yang dapat mendukung teknis komputer.

Apa itu Pelatihan Technical Support?

Pelatihan ini merupakan jenis program untuk meningkatkan kemampuan dan melatih tenaga ahli yang dapat mendukung teknis komputer.

Untuk technical support adalah layanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau sebuah organisasi untuk membantu mengatasi masalah.

Masalah yang terkait dengan perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software, jaringan komputer, dan sistem yang lainya.

Secara sederhananya, technical support adalah orang yang siap membantu ketika komputer, handphone, dan perang elektronik lainya bermasalah.

Dengan cara mereka memberikan solusi, petunjuk, dan perbaikan untuk memulihkan fungsi normal pada perangkat tersebut.

Profesi ini sangat penting dalam era digital seperti pada saat ini, dengan semakin kompleksnya teknologi yang kita gunakan sehari hari.

Kebutuhan akan dukungan teknis juga akan semakin meningkat, seorang technical support tidak hanya perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang teknologi.

Tetapi juga harus juga harus mempunyai keterampilan komunikasi yang baik untuk menjelaskan solusi teknis kepada pengguna dengan bahasa yang mudah di pahami.

Selain itu juga harus memiliki kesabaran dan kemampuan untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi yang sulit juga.

Technical Support Tugasnya Apa?\

Pelatihan Technical Support

Technical support memiliki beberapa tugas yang harus dilakukan seperti di bawah ini.

Instalasi  Device dan Software

Bertanggung jawab untuk melakukan instalasi dan software pada komputer atau sistem yang digunakan oleh pengguna.

Seorang technical support harus memastikan bahwa semua elemen berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Evaluasi dan Pemecahan Terhadap Masalah

Lalu Technical support juga berperan sebagai pemecah masalah utama, mereka harus mampu mengevaluasi dan mengidentifikasi sumber masalah.

Yang berkaitan dengan hardware, software ataupun dengan jaringan, setelah itu mereka harus memberikan solusi dan bantuan yang cepat dan efektif.

Monitoring dan Problem Solved

Memantau kinerja sistem dan mencegah kemungkinan munculnya masalah pada sistem adalah tanggung jawab seorang Technical Support.

Mereka aktif dalam memantau server, jaringan, dan infrastruktur lainya untuk mendeteksi terjadinya potensi masalah sebelum semakin parah.

Pertolongan Pertama Pada Kegagalan Sistem

Ketika terjadinya kegagalan pada sistem atau terjadi sebuah gangguan, technical support akan memberikan pertolongan pertama.

Ini termasuk memberikan informasi awal kepada pengguna, membantu mereka dalam pemecahan masalah dasar.

Dan menyelidiki akar permasalahan sebelum melibatkan tingkat dukungan yang lebih tinggi.

Pemeliharaan dan Pembaruan Adalah Tugas Technical Support

Terlibat dalam pemeliharaan ritun dan pembaruan perangkat lunak serta perangkat keras.

Hal ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa semua sistem berjalan dengan versi terbaru dan aman dari potensi kerentanan terhadap serangan dari luar.

Apa saja Skill yang Harus Dimiliki Technical Support?

Pelatihan Technical Support

Seorang Technical Support harus memiliki skill yang mendukung mereka dalam menjalankan tugasnya, adapun beberapa Technical Support.

Mampu Dalam Menggunakan Sejumlah Sistem Operasi

Kemampuan dalam mengoperasikan berbagai sistem operasi seperti windows, macOS, dan yang lainya sangat penting bagi seorang Technical Support.

Melalui kemampuan ini mereka bisa membantu pengguna dalam mengatasi masalah yang terkait dengan sistem operasi.

Pemahaman Mengenal Sistem Jaringan

Technical Support adalah pekerjaan yang menuntus seseorang untuk memiliki pemahaman mengenai konsep dasar jaringan.

Kemampuan ini bersifat wajib agar mereka dapat mengatasi maslah pada jaringan, mengidentifikasi sistem yang bermasalah.

Mampu Mencegah dan Menangani Virus atau Malware

Keteramoilan lain yang harus dimiliki adalah pengetahuan seputar jenis jenis virus dan malware serta teknik pencegahaan dan penanganannya.

Skill dapat mereka gunakan untuk melakukan pemeriksaan berkala atau pembersihan apabila terdapat indikasi komputer terkena virus.

Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Komunikasi merupakan kemampuan yang sangat penting bagi Technical Support.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, mereka dapat menjelaskan masalah teknis dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pengguna.

Berapa Gaji Technical Support?

Pelatihan Technical Support

Secara umum gaji bulanan Technical Support di indonesia berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000.

Untuk Sektor Teknologi, keungan, dan telekomunikasi mungkin menawarkan penghasilan atau gaji yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan yang lain.

Tapi itu semua tergantung dengan beberapa faktor seperti pengalaman, pendidikan, lokasi, dan ukuran sebuah perusahaan.

Berikut adalah beberapa contoh dari gaji untuk seorang Technical Support.

  • Gaji Technical Support di Mekari adalah sekitar antara Rp 5.500.000 hingga Rp 6.000.000 per bulan.
  • Gaji Technical Support officer di indonesia adalah sekitar antara Rp 5.500.000 per bulan.
  • Gaji Asisten teknis di indonesia adalah sekitar antara Rp 5.880.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan

Selain gaji, Seorang Technical Support juga bisa mendapatkan benefit tambahan, seperti BPJS, asuransi pemium, Notebook ownership program, tunjangan, dan bahkan kenaikan gaji.

Demikian penjelasan mengenai Pelatihan Technical Support. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin mengikuti pelatihan tersebut di PT Kombas Digital silahkan hubungi nomor di bawah ini.

08112829003