Pentingnya Copywriting Untuk Usaha Anda

Tahukah Anda bahwa saat ini untuk menjual suatu produk pada zaman sekarang itu memerlukan promosi, dimana promosi tersebut dapat dilakukan dengan sebuah kata kata atau kalimat yang persuasif. Dimana kalimat tersebut digunakan untuk membujuk seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau suatu kegiatan sesuai dengan kata atau kalimat yang disusun.

Copywriting merupakan suatu teknik dari pemasaran atau promosi suatu produk untuk membujuk seorang pelanggan untuk membeli suatu produk yang ditawarkan. Produk tersebut bisa berupa jasa maupun barang.

Dilihat dari pengertiannya copywriting terlihat sangat sederhana, padahal copywriting itu mempunyai peran yang cukup besar juga lho bagi seseorang yang memiliki bisnis. Bagi Anda yang menginginkan bisnis Anda memiliki banyak pelanggan maka Anda perlu mempelajari bagaimana cara menulis copywriting yang membuat promosi terlihat menarik.

Anda hanya perlu menyimak. dan mempelajari tentang copywriting dengan cara memperhatikan artikel kami ini!

Pengertian Copywriting

Apa itu copywriting? 

Menurut American Writers and Artist Institute, menjelaskan bahwa copywriting adalah sebuah proses menulis teks persuasif (yang sering disebut copy) untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan. Orang yang bertugas untuk menulis dan mengembangkan copy adalah copywriter.

Di Zaman dahulu juga sudah ada copywriting, namun copywriting tersebut digunakan untuk pembuatan promosi offline, sebagai contoh pada koran, radio, iklan televisi, dan lain sebagainya. Namun pada zaman sekarang copywriting sudah menjadi salah satu strategi yang digunakan untuk promosi online, dimana strategi ini dapat dikatakan cukup ampuh untuk bisnis.

Beberapa copywriting dapat ditulis pada email promosi, untuk judul di Google Ads, headline pada landing page, atau bahkan yang sering digunakan yaitu caption pada konten yang diposting pada media sosial.

Nah tidak hanya pengertian saja yang perlu Anda ketahui, namun juga fungsi dari adanya copywriting, yaitu untuk memikat atau menarik perhatian dari target audiens melalui tulisan yang menarik, dan bersifat persuasif, sehingga membuat target audiens merasa penasaran dan tergoda untuk melakukan suatu pembelian atau mencari tahu lebih jauh mengenai produk baik itu barang atau jasa yang ditawarkan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa copywriting bertujuan untuk membujuk seorang calon pelanggan atau audiens untuk melakukan suatu tindakan atau suatu kegiatan, nah tindakan atau kegiatan tersebut dapat berupa Memberikan sumbangan, mengklik sebuah link yang berisi konten, dan juga melakukan transaksi pembelian.

Komponen Copywriting

Lalu apa sajakah komponen yang terdapat dalam copywriting ini?

Sebelum Anda membuat atau menyusun copywriting maka sangat sangat diperlukan untuk memperhatikan komponen komponen yang ada dalam copywriting.

Berikut adalah Komponen Utama dari Copywriting

Berisi poin poin penting mengenai keunggulan dari produk

Tentu saja jika ingin mengiklankan sebuah produk yang pertama kali ditampilkan setelah gambar yaitu keunggulan dari produk tersebut. Dengan Anda menjelaskan mengenai keunggulan dari produk yang ingin Anda tawarkan tersebut, itu sudah termasuk kedalam inti dari promosi sebuah produk.

Satu hal yang wajib Anda ingat adalah gaya bahasa yang digunakan dalam menulis copywriting yaitu harus dikemas dengan cara yang sederhana, disarankan agar penyampaiannya langsung ngena kepada target pasar Anda.

Kalimat Berisi Bujukan untuk Membeli Produk

Kalimat bujukan yang dimaksudkan tersebut bukan langsung to the point yang Anda letakan pada awal kalimat, namun letakan pada hal hal yang sesuai dengan tulisan yang Anda buat. Usahakan dalam membuat copywriting harus terlihat friendly agar calon pelanggan atau target pasar merasa nyaman dan tertarik.

Pakailah kata kata atau kalimat yang benar agar audiens atau calon pelanggan merasa percaya dan yakin dengan produk yang Anda tawarkan, janganlah memaksa seseorang untuk membeli produk Anda, karena nanti dapat berimbas kepada ketidaknyamanan seorang pelanggan ketika ingin membeli produk.

Gunakan Gaya bahasa sesuai dengan Target pasar

 Sebelum Anda menyusun copywriting maka Anda perlu melakukan riset siapakah dan berapa umur dari target pasar dari produk Anda. 

Jika hal tersebut sudah maka perlu Anda memahami  bagaimana karakter dan gaya bahasa yang seringkali mereka gunakan. Disarankan Anda benar benar mengetahui dari kalangan mana target bisnis Anda, dan ketika sudah mulai menyusun copywriting berikanlah kesan yang akrab kepada audiens agar antara audiens dan brand itu akrab.

Perbedaan Copywriting dengan content Writing

Berikut adalah perbedaan antara copywriter dengan content writing

  1. Dilihat dari segi tujuannya, meskipun pada awalnya content writing dan copywriting itu memiliki tujuan untuk menarik perhatian dari seorang audiens, namun sejatinya content writing dibuat untuk mendidik, dan menghibur seorang audiens. Sedangkan copywriter bertujuan untuk membujuk audiens untuk melakukan suatu tindakan.
  2. Selanjutnya dilihat dari segi jumlah kata. Jika dalam content writing memerlukan banyak kata, kata tersebut mulai dari 600-1000 kata karena sesuai dengan tujuannya yaitu mendidik, dan juga menghibur. Sedangkan copywriting ditulis sesingkat mungkin, namun didalamnya mengandung unsur persuasif, untuk copywriting dalam ditulis secara singkat dan juga padat.
  3. Perbedaan selanjutnya dilihat dari segi tata bahasa. Artikel disarankan menggunakan tata bahasa yang sesuai dan juga baik. Namun dalam menulis artikel bukan berarti bahasa yang digunakan harus formal dan kaku ya. Jika di dalam copywriting sebaliknya, yaitu tidak memerlukan tata bahasa, yang penting kata demi katanya menarik dan dapat dipahami oleh audiens.

Demikian adalah perbedaan antara copywriting dan content writer. Apakah Anda sudah dapat membedakannya? Jika dilihat secara sekilas memang terlihat sama, realitanya keduanya adalah hal yang berbeda. 

Jasa Pembuatan Copywriting

Jika Anda butuh Jasa Pembuatan Copywriting maka PT Kombas Digital Internasional siap membantu Anda. Hubungi saja PT Kombas Digital Internasional dengan cara Klik disin.