Riset kompetitor marketplace merupakan istilah yang sedikit asing kan di telinga kalian semua? Yuk baca lebih lanjut mengenai jasa riset pasar di bawah.
Riset pasar merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mengetahui baik atau buruknya suatu pasar atau marketplace.
Mengapa hal ini harus dilakukan? Sebab, naik turunnya suatu pasar tidak bisa diketahui penyebab atau alasannya beserta solusinya tanpa adanya riset.
Riset pasar tidak hanya mengulas tentang baik buruknya marketplace, tetapi juga memberikan solusi atau pemecahan masalah dari penyebab turunnya persentase keuntungan atau penjualan di marketplace.
Selain itu, riset pasar juga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap suatu marketplace agar berjalan lebih baik dari sebelumnya.
Penyebab turunnya penjualan di marketplace bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Bisa juga melalui faktor internal, yaitu faktor yang berada dalam suatu lingkup marketplace itu sendiri.
Akan tetapi, bisa juga turunnya sebuah marketplace, dipengaruhi oleh pihak luar atau eksternal. Pihak luar yang mampu atau mau bersaing dengan marketplace kita biasa disebut dengan kompetitor.
Oleh karena itu analisis kompetitor sangat dibutuhkan dengan berbagai alasan. Karena kompetitor atau pesaing tidak bisa ditentukan cepat atau lambatnya mereka datang. Bisa juga mereka datang secara tiba-tiba tanpa kita ketahui.
Apabila tidak dilakukan analisis kompetitor yang datang tiba-tiba bisa terjadi. Ketika terjadi penurunan marketplace kalian tidak siap solusi. Alhasil nantinya hal yang tidak diinginkan bisa terjadi seperti adanya bangkrut.
Mengapa Riset Kompetitor Marketplace Penting?
Dengan berbagai dampak dan keuntungan melakukan riset, berikut beberapa alasan pentingnya melakukan riset kompetitor marketplace.
Mencegah adanya kompetitor yang masuk ke marketplace
Kompetitor yang masuk ke marketplace kita bisa dibilang berbahaya karena kompetitor bisa saja merusak tatanan marketplace dan menurunkan peringkat marketplace.
Atau dengan istilah lain kompetitor bisa menyalip marketplace kita.
Menaikkan persentase penjualan dan ketertarikan konsumen
Alasan mengapa riset kompetitor dibutuhkan adalah untuk menaikkan persentase penjualan dan ketertarikan konsumen.
Dengan adanya riset ini, akan memudahkan kalian untuk membaca peluang terhadap khalayak ramai.
Mengevaluasi marketplace agar lebih baik dari sebelumnya
Riset kompetitor berguna untuk mengetahui beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi kompetitor.
Cara Riset Kompetitor Marketplace
Berikut ini merupakan tips untuk menganalisis kompetitor:
1. Tolak Ukur Perusahaan
Untuk menganalisis suatu marketplace atau perusahaan bisa menggunakan perusahaan yang lebih besar untuk membandingkan dan mengukur kesuksesannya.
Oleh karena itu kompetitor bisa saja terbaca dengan cara ini.
Sebab, perusahaan atau marketplace yang lebih besar pastinya sudah sampai mengerti jauh dibanding dengan marketplace kalian yang baru berdiri.
Selain untuk menganalisis kompetitor, tolak ukur perusahaan atau tips ini bisa digunakan untuk mengevaluasi marketplace kalian menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
Cara mengukur perusahaan ini bukan berarti untuk membandingkan produk kalian dengan mereka. Namun hal ini dimaksudkan untuk mencontoh perusahaan atau marketplace yang lebih baik.
2. Pahami Kekuatan dan Kelemahan Marketplace
Apabila kalian telah memahami kekuatan atau kelemahan marketplace kalian, itu akan sangat memudahkan untuk membaca kompetitor.
Sebab, semakin paham mengenai seluk-peluk marketplace kalian, akan semakin mudah untuk kalian menemukan solusi apabila kalian juga menemukan kompetitor.
Selain itu juga berguna untuk mencegah kompetitor masuk ke dalam marketplace kalian.
Namun sebaliknya, apabila kalian tidak mengetahui kelemahan dan kekuatan marketplace, bisa saja kompetitor yang lebih profesional bekerja dibanding bisnis milik kalian.
3. Memantau Trend
Tren yang sedang booming di era marketplace atau dunia komersial harus selalu diperhatikan.
Jangan sampai kalian tertinggal dari tren yang sedang beredar pada masa ini.
Sebab, selain kalian bisa tertinggal oleh zaman atau trend, kalian malah akan menemukan kompetitor yang lebih handal dan memahami trend sekarang dibanding kalian.
Yang nantinya bisa merusak tatanan marketplace atau bisnis kalian.
Cara Menghadapi Kompetitor
Beberapa tips untuk menghadapi kompetitor yang sudah ada di marketplace kalian antara lain sebagai berikut.
1. Pertahankan Kualitas
Kualitas merupakan penentu utama terjualnya suatu produk barang maupun jasa.
Pastinya setiap konsumen mengincar produk barang maupun jasa yang memiliki kualitas tinggi.
Oleh karena itu, apabila kalian masih bisa menjaga kualitas yang baik akan produk jasa maupun barang kalian, kompetitor bukanlah suatu hal yang berat lagi.
2. Tingkatkan Pelayanan
Selain mutu atau kualitas barang produk atau jasa, pelayanan prima merupakan salah satu hal yang diincar oleh pelanggan. Selain menjaga kualitas produk barang atau jasa, kalian juga harus menjaga pelayanan agar tetap baik kepada konsumen.
Masih bingung juga tentang marketplace? Buruan kunjungi website kombas.co.id untuk informasi lebih lanjut.
Penutup
Sekarang kalian sudah lebih paham pentingnya melakukan riset kompetitor marketplace dan cara menerapkannya. Dengan begitu, harapannya bisnis kalian di marketplace akan lebih berkembang, bahkan semakin maju.
Recent Comments