Sertifikasi Staff SDM

Sertifikasi Staff SDM masih diminati oleh banyak orang karena prospek kerjanya yang masih terbilang baik. Karena setiap perusahaan pasti membutuhkan orang orang yang mengelola setiap pegawai atau tenaga kerja. Nah di artikel ini kita akan langsung saja membahasnya.

Apa itu Staff SDM?

Staff SDM atau kepanjangannya  Staff Sumber Daya Manusia adalah orang yang bertanggung jawab untuk aktif langsung dalam mengelola tenaga kerja di suatu perusahaan.

Karena kualitas perusahaan adalah gambaran dari kualitas tenaga kerjanya, jadi kehadiran seorang Staff SDM sangat penting untuk mengelola sekaligus mengembangkan tenaga kerja yang ada di perusahaan tersebut.

Staff SDM biasanya adalah bawahan dari General Manager SDM atau Kepala Bagian SDM. Mereka sering bekerja sebagai tangan tangan lanjutan dari Sektor Pengelolaan SDM yang lebih tinggi untuk menjangkau seluruh tenaga kerja.

Sertifikasi Staff SDM

Apa itu Sertifikasi Staff SDM?

Selanjutnya kita akan berfokus pada pembahasan apa itu sertifikasinya. Nah Sertifikasi Staff SDM ini adalah proses pengakuan resmi atas kompetensi seseorang dalam menjadi Staff SD.

Sertifikasi ini biasanya didapatkan melalui uji kompetensi dan atau serta pelatihan di LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Ada skema yang termasuk dengan pelatihan sebelum uji kompetensi, ada juga yang hanya uji kompetensi.

Setelah peserta sertifikasi dinyatakan telah memiliki kompetensi dengan lolos uji kompetensi, mereka akan diberikan sertifikat sebagai bukti kompetensi mereka.

Apa Saja Unit Kompetensi di Sertifikasi Staff SDM?

Setiap ujian kompetensi pasti punya unit kompetensi yang diujikan. Unit kompetensi ini berfungsi sebagai pengukur kemampuan atau skill yang dimiliki oleh peserta sertifikasi.

Nah untuk Sertifikasi Staff SDM ada 4 unit kompetensi, yaitu:

Menyusun Uraian Jabatan

Unit Kompetensi yang pertama adalah Menyusun Uraian Jabatan. Di unit kompetensi ini Staff SDM bertugas untuk menyusun detail lengkap dari posisi yang diduduki oleh berbagai tenaga kerja yang ada di perusahaan untuk keperluan perusahaan.

Data yang didapatkan dari penyusunan uraian jabatan itu bisa digunakan oleh perusahaan untuk berbagai keperluan contohnya adalah pemberian tunjangan hari raya, bonus kelompok tertentu, dan berbagai keperluan lainnya.

Melakukan Administrasi Jaminan Sosial

Selanjutnya adalah tugas administrasi yang menyangkut jaminan sosial bagi tenaga kerja perusahaan. Di Indonesia undang undang ketenagakerjaan mengatur berbagai hal termasuk kewajiban perusahaan dalam memberikan jaminan sosial.

Jaminan sosial tersebut sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan, karena jika tidak maka perusahaan bisa berurusan dengan hukum.

Karena itu lah Staff SDM perlu melakukan administrasi untuk mempermudah perusahaan dalam memberikan jaminan sosial. Proses administrasi yang dilakukan misalnya mengumpulkan data identitas diri tenaga kerja.

Tujuannya untuk keperluan mendaftarkan mereka ke program kesejahteraan dari pemerintah seperti Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang di dalamnya ada Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan lainnya.

Melakukan Administrasi Pengupahan

Selanjutnya adalah hal yang sangat penting bagi seluruh tenaga kerja, yaitu perihal gaji. Nah seorang Staff SDM juga harus bisa melakukan administrasi untuk mempermudah proses penyaluran gaji.

Hal seperti ini biasanya tidak terlalu sulit di perusahaan dengan skala kecil atau sedang, tapi di perusahaan skala besar yang memiliki ratusan karyawan tentunya tidak mudah.

Administrasi perlu dilakukan supaya gaji yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan berbagai faktor seperti kontribusi tenaga kerja dan kisaran gaji di lokasi atau daerah perusahaan.

Melakukan Administrasi Kebijakan MSDM

Terakhir, masih administrasi. Yang satu ini adalah administrasi kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia. Nah di administrasi MSDM ini lebih berfokus pada pengelolaan pemanfaatan individu tenaga kerja.

Kenapa kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia perlu diadministrasi? supaya tenaga kerja yang dikerahkan sesuai dengan keperluan dan bisa bekerja secara efisien serta efektif.

Hal ini penting karena setiap tenaga kerja pasti memiliki bidang keahliannya masing masing.

Berapa Kisaran Gaji Staff SDM?

Kisaran gaji Staff SDM bisa berbeda beda tergantung dari berbagai faktor seperti lokasi, kemampuan dan pengalaman, dan besarnya perusahaan.

Nah supaya kamu ada gambaran, kisaran gaji Staff SDM di Indonesia ada di kisaran Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000.

Gaji seorang Staff SDM masih bisa terus bertambah, begitu juga jenjang karirnya. Biasanya Staff SDM akan naik pangkat (setelah dinilai memiliki kompetensi tentunya) ke Manajer SDM atau posisi yang masih berkaitan.

Selain kenaikan pangkat, kenaikan gaji juga bisa diperbesar kemungkinannya dengan mengikuti sertifikasi. Karena dengan mengikuti sertifikasi otomatis menambah kemampuan, dan sertifikat juga menjadi bukti bahwa pemiliknya berkompetensi di bidangnya.

sertifikasii

Sertifikasi Staff SDM

Seperti yang sudah dibahas di awal, untuk mendapatkan sertifikasi perlu mengikuti uji kompetensi. Nah penting untuk memilih LSP yang memiliki izin resmi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) untuk memastikan kualitas dari materi, mentor, dan penguji.

Untuk itu, kamu bisa langsung konsultasi ke PT Kombas Digital Internasional yang sudah memiliki izin resmi dari BNSP. Yuk langsung saja klik nomor di bawah ini:

08112829003