TIPS BERBISNIS ONLINE BAGI PEMULA – Terdapat banyak sekali cara untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis, salah satunya dengan bisnis online. Apabila ingin memulai bisnis dengan media online maka Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai tips berbisnis online bagi pemula. Agar bisnis online Anda dapat berkembang dengan maksimal, Anda perlu mengikuti beberapa tips.

 

Anda harus menyimak tips berbisnis online bagi pemula yang akan dibahas dibawah ini :

 

1. Riset Produk Yang Anda Miliki

Langkah awal yang harus dilakukan supaya bisnis online dapat berkembang dengan maksimal yaitu, Anda harus melakukan riset produk terlebih dahulu. Dengan melakukan riset produk, Anda akan mengetahui apakah produk sudah layak untuk dipasarkan atau belum. Apabila produk masih kurang layak maka Anda harus melakukan revisi sampai produk tersebut dinyatakan layak untuk dipasarkan.

 

2. Riset Kebutuhan Pasar

Setelah mengetahui kualitas produk Anda sudah layak dipasarkan atau belum, langkah selanjutnya yaitu Anda harus melakukan riset kebutuhan pasar. Dengan melakukan riset kebutuhan pasar maka Anda akan mengetahui siapa target pasar yang tepat untuk produk Anda. Lalu Anda juga akan mengetahui seberapa banyak orang yang membutuhkan produk Anda. Jika sudah mengetahui kebutuhan pasar maka hal ini akan sangat membantu dalam proses produksi agar tidak berlebihan dan akhirnya menyebabkan banyak stok produk yang tidak terjual.

 

3. Lakukan Riset Kompetitor

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara melakukan riset kompetitor. Selain riset produk dan riset pasar, riset kompetitor juga sangat penting dilakukan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan kompetitor atau pesaing bisnis Anda. Setelah mengetahui informasi kekuatan dan kelemahan dari kompetitor, Anda dapat menerapkan kekuatannya pada bisnis Anda dan juga memperbaiki kelemahan dari kompetitor agar bisnis Anda menjadi lebih baik. Riset kompetitor juga dapat membantu Anda dalam menentukan dan memperbaiki strategi pemasaran. Apabila Anda sudah mengetahui strategi pemasaran yang gagal dilakukan oleh kompetitor maka anda dapat menghindari strategi pemasaran tersebut.

 

4. Pilih Platform Dan Media Yang Akan Digunakan

Jika Anda sudah menentukan target pasar dan sudah mengetahui kompetitor, maka Anda harus menentukan platform dan media yang akan digunakan untuk promosi dan pemasaran produk. Beberapa media yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi yaitu website (WordPress, Medium, Issuu, Blogger). Adapun sosial media yang dapat digunakan contohnya (Instagram, Facebook, YouTube, TikTok, X). Anda juga harus menyiapkan media untuk digunakan sebagai kontak person. Kontak person akan memudahkan customer pada saat ingin melakukan pembelian. Media untuk kontak person yang banyak digunakan yaitu WhatsApp karena dianggap lebih mudah.

 

5. Lakukan Promosi Setiap Harinya

Setelah Anda menentukan media yang ingin digunakan untuk mempromosikan dan juga memasarkan produk, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan yaitu memposting konten promosi pada setiap media. Anda harus rutin melakukan hal ini setiap hari dan tetap konsisten supaya produk atau brand Anda dapat memiliki branding yang baik. Dengan rutin melakukan promosi setiap harinya pada platform media online yang Anda miliki juga dapat membantu meningkatkan brand awareness produk Anda. Promosi yang Anda lakukan juga harus sesuai dengan target pasar produk Anda. Sebagai contoh, apabila target pasar Anda merupakan anak muda maka lebih disarankan Anda menggunakan sosial media Instagram, TikTok, dan X sebagai platform untuk melakukan promosi. Konten promosi yang Anda lakukan harus menyesuaikan trend yang sedang hits dan Anda harus update setiap harinya. Apabila target pasar anda merupakan orang tua atau orang dewasa maka Facebook dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda melakukan Promosi.

 

6. Selalu Lakukan Evaluasi Mingguan

Setelah melalui rangkaian pada proses bisnis online yang sudah dilakukan, hal terakhir yang tidak kalah penting untuk dilakukan yaitu evaluasi mingguan. Evaluasi mingguan yaitu sebuah usaha atau upaya dalam berbisnis untuk menganalisis kinerja. Tujuan dilakukannya evaluasi mingguan ini yaitu supaya Anda lebih mengetahui dan memahami kendala apa saja yang terjadi selama proses bisnis online. Lalu langkah selanjutnya yaitu mencari solusi dari kendala yang ditemukan. Evaluasi mingguan juga dapat digunakan untuk melakukan perbandingan pencapaian bisnis dari rencana awal bisnis yang sudah dibuat. Serta dengan evaluasi mingguan ini Anda dapat mengukur seberapa efektif bisnis online yang sudah dijalankan.

 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, Anda dapat menggunakan beberapa tips di atas sebagai acuan pemahaman awal Anda. Ketika ingin memulai suatu usaha Anda harus yakin dan tidak mudah menyerah dalam perjalanannya. Jika Anda sudah yakin dan ingin memulai bisnis online namun masih ragu dengan kemampuan diri sendiri dalam pengelolaan bisnis, Anda dapat menggunakan jasa pengelolaan bisnis yang kini sudah sangat  mudah untuk ditemukan. Namun ketika Anda akan memilih jasa pengelolaan bisnis Anda tidak bisa terburu-buru dalam memilihnya. Sebagai upaya untuk mencegah, Anda jangan sampai tergiur dengan harga yang sangat murah. Anda bisa menggunakan jasa pengelolaan bisnis online dari Kombas Digital Agency yang sudah pasti profesional dalam pengelolaan bisnis Anda. Di Kombas Digital Agency juga terdapat banyak sekali pilihan paket pengelolaan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan budget Anda.

Yuk kenali jasa dari Kombas Digital Agency dengan klik kontak person dibawah ini :

Telp/WA : https://wa.me/628112829003

Instagram : https://www.instagram.com/digitalagency.purwokerto?igshid=YTQwZjQ0NmI0OA==